TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
1. Teknik
penilaian
a. Sikap : Jurnal
b. Pengetahuan : Tes Tulis dan Penugasan
c. Keterampilan
: Portofolio
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
sikap : Rubrik penilaian sikap
b. Penilaian
pengetahuan : Rubrik penilaian pengetahuan
c. Penilaian keterampilan : Rubrik penilaian keterampilan
Penilaian Pengetahuan (KI-3)
Muatan Indikator Teknik Penilaian Bentuk Instrumen PPKn 3.2.10 Menjelaskan
pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan
tumbuhan Tes tertulis Soal isian Soal uraian Bahasa Indonesia 3.3.3 Mengidentifikasi ciri-
ciri pertanyaan yang baik menggunakan 5W+1H Tes tertulis Soal isian Soal uraian
Penilaian Keterampilan (KI-4)
|
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
|
PPKn |
4.2.10 Membuat rencana
melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dirawat |
Penugasan Portofolio |
Rubrik
penilaian. |
|
Bahasa Indonesia |
4.3 Melaporkan hasil
wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks
tulis |
Penugasan Portofolio |
Rubrik
penilaian. |
1. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Jurnal
Penilaian Sikap
|
No. |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
|
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
11. |
|
|
|
|
|
|
12. |
|
|
|
|
|
|
13. |
|
|
|
|
|
|
14. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Penilian pengetahuan dibuat berdasarkan
evaluasi pembelajaran sesuai pada lampiran 3 dengan pedoman penskoran pada
lampiran 4.
c. Pengetahuan keterampilan
1.
Rubrik
Penilaian PPKn
Tugas siswa membuat
daftar rencana merawat tanaman
|
Kriteria |
Sangat
Baik (A) |
Baik (B) |
Cukup (C) |
Perlu Pendampingan
(D) |
|
Skala
Likert |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Rentang
Nilai |
93 - 100 |
84-92 |
75 - 83 |
< 75 |
|
Sikap baik |
Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan |
Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan |
Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan |
Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah
dilakukan |
|
Dampak sikap baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap
tersebut bagi lingkungan |
|
Rencana tindak lanjut |
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut |
Penilaian (penskoran):
2.
Rubrik
Penilaian Bahasa Indonesia
Tugas siswa membuat daftar pertanyaan yang baik dinilai menggunakan rubrik.
|
Kriteria |
Sangat
Baik (A) |
Baik (B) |
Cukup (C) |
Perlu Pendampingan
(D) |
|
Skala Likert |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Rentang
Nilai |
93 - 100 |
84-92 |
75 - 83 |
< 75 |
|
Daftar pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. |
Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat. |
|
Kosa kata baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian
besar pertanyaan |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam
pertanyaan. |
|
Kalimat efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif
dalam semua pertanyaan. |
|
Sikap mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
No comments:
Post a Comment