RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SDN SUKUN 3
Kelas / Semester : IV (Empat) A / 1
Tema : 3. Peduli
Terhadap Makhluk Hidup
Sub Tema : 1. Hewan
Tumbuhan di Lingkungan Rumahku
Muatan Terpadu :
Bahasa Indonesia dan PPKn
Pembelajaran : 4
Alokasi Waktu : 90 menit
A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI 1 : Menerima,
menjalankan dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI 2 : Memiliki
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri
dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya.
KI 3 : Memahami
pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca dan
menanya) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk
ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah,
sekolah, dan tempat bermain.
KI 4 : Menyajikan
pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya
yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan
yang mencerminkan peri-laku anak beriman dan berakhlak mulia.
B. KOMPETENSI DASAR (KD)
PPKn
|
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator |
|
1 |
3.2 Mengidentifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai
warga masyarakat dalam kehidupan sehari-hari. |
3.2.10 Menjelaskan pentingnya melaksanakan
hak dan kewajiban secara seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan |
|
2 |
4.2 Menyajikan hasil identifikasi pelaksanaan kewajiban dan hak sebagai warga
masyarakat dalam kehidupan
sehari-hari. |
4.2.10 Membuat rencana
melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dirawat |
B. INDONESIA
|
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator |
|
1 |
3.3 Menggali informasi dari
seorang tokoh melalui wawancara menggunakan daftar pertanyaan |
3.3.3 Mengidentifikasi ciri-
ciri pertanyaan yang baik menggunakan 5W+1H |
|
2 |
4.3 Melaporkan hasil
wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks
tulis |
4.3.3 Membuat daftar
pertanyaan pertanyaan yang baik menggunakan 5W+1H |
C. TUJUAN
PEMBELAJARAN
1.
Melalui mendengarkan cerita pada media interaktif, peserta
didik mampu menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara
seimbang ketika memanfaatkan tumbuhan dengan tepat.
2.
Melalui mendengarkan cerita pada media interaktif, peserta
didik mampu membuat rencana melaksanakan
kewajiban terhadap tumbuhan yang dirawat dengan benar.
3.
Melalui media interaktif, peserta
didik mampu mengidentifikasi ciri pertanyaan yg baik menggunakan 5W+1H dengan
benar.
4.
Melalui media interaktif, peserta didik
mampu membuat daftar pertanyaan pertanyaan yang baik
menggunakan 5W+1H dengan benar.
D. MATERI PEMBELAJARAN
|
PPKn |
: |
Hak dan kewajiban terhadap
tumbuhan, menjalankan kewajiban terhadap
tumbuhan sesuai cara atau aturan |
|
B. Indonesia |
: |
Kriteria pertanyaan yang baik dengan
5W+1H |
|
v Karakter peserta
didik yang diharapkan : |
Religius Nasionalis Mandiri Gotong Royong Integritas |
E. KEGIATAN PEMBELAJARAN
|
Kegiatan |
Deskripsi
Kegiatan |
Alokasi Waktu |
|
Pendahuluan |
§
Guru memberikan salam, berdoa,
menanyakan kabar dan mengecek kehadiran peserta didik. Religius §
Guru mengecek kesiapan diri dengan mengecek
atribut dan perlengkapan peserta didik. Integritas §
Guru memberikan apersepsi tentang
pembelajaran sebelumnya, yaitu peserta didik diminta untuk menyebutkan
bagian-bagian tumbuhan. §
Guru memberi stimulus jika ada teman
yang memetik bunga di taman sekolah, kemudian guru memberi konfirmasi dan
motivasi §
Guru menyampaikan tahapan kegiatan yang meliputi hubungan dengan materi sebelumnya, tujuan
pembelajaran dan manfaat mempelajari materi pada media interaktif. Communication, Integritas §
Guru menggunakan media interaktif power
point. Communication |
10
menit |
|
Inti |
§
Guru bertanya secara klasikal kepada
peserta didik, siapa yang pernah mendapat kado ulang tahun. Peserta didik
menjawab pertanyaan guru (Survey). Kemudian guru bertanya apakah ada yang pernah
mendapat kado berupa tanaman kesukaan. Peserta didik menjawab pertanyaan guru
(Question). Communication §
Guru menstimulus peserta didik untuk berliterasi dalam pembelajaran. Guru mengajak peserta didik untuk mendengarkan cerita dan mengajak
keaktifan peserta didik dalam proses mendengarkan cerita Guru bercerita
tentang contoh pelaksanaan hak dan kewajiban yang tidak sesuai aturan atau
cara pida cerita yang berjudul “Tanaman Kacang Merah” (Read). Communication, Literasi §
Guru memberikan
penekanan atau pengulangan terhadap bagian cerita yang merupakan permasalahan
dan topik pembahasan serta penyebab permasalahan dalam cerita secara tidak langsung
agar peserta didik dapat menyimpan informasi yang ada di dalam bagian cerita
tersebut (Recite).
§
Guru menanyakan apa hal yang dapat diambil dari cerita tersebut. Peserta
didik menjawab hal yang dapat diambil adalah kita harus melaksanakan hak dan
kewajiban secara seimbang dan harus sesuai dengan cara atau aturan yang ada (Review). Communication, Critical Thinking, Literasi, Disiplin §
Guru memberikan ice breaking kepada peserta didik agar memecah kejenuhan dalam
kelas. §
Peserta didik menuliskan hak dan
kewajiban terhadap tumbuhan pada Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) pada lembar
yang telah disediakan. Critical Thinking, Integritas, Mandiri §
Guru menanyakan apa saja kalimat tanya yang digunakan dalam cerita
tersebut. Peserta didik menjawab pertanyaan guru. Communication, Literasi §
Guru menjelaskan tentang kalimat tanya yang baik menggunakan rumus 5W+1H. Communication §
Peserta didik membuat pertanyaan
menggunakan 5W+1H pada LKPD. Critical
Thinking, Integritas, Mandiri §
Peserta didik dipilih untuk
mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas. Critical Thinking, Integritas |
60 menit |
|
Penutup |
§
Guru dan peserta didik menyimpulkan pembelajaran
hari ini. Peserta didik menanyakan hal yang belum dimengerti. Guru
mengonfirmasi dan menjelaskan pertanyaan peserta didik. Critical Thinking, Communication, Integritas, Berani §
Guru membagikan tugas yang harus dikerjakan peserta didik
di rumah : Tabel merawat tanaman selama 5 hari kedepan dengan disertai foto. Integritas, Peduli, Tanggungjawab §
Peserta didik
mengerjakan soal evaluasi. Critical
Thinking, Integritas, Jujur §
Guru mengingatkan peserta didik
untuk senantiasa hidup disiplin, hidup bersih dan sehat dan selalu mematuhi
protocol kesehatan. Communication, Nasionalis §
Guru melakukan penilaian hasil belajar §
Guru berdoa bersama peserta
didik dan memberikan salam. Religius |
20
menit |
f. PENDEKATAN, METODE DAN MODEL PEMBELAJARAN
¡ Pendekatan : Saintifik
¡ Metode : Bercerita, tanya jawab dan penugasan
¡ Model :
SQ3R (Survey,
Question, Read, Recite, Review)
G. SUMBER, ALAT DAN MEDIA PEMBELAJARAN
¡ Buku Guru Tema 3 : Peduli Terhadap
Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013,
Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡ Buku Siswa Tema 3: Peduli Terhadap
Makhluk Hidup Kelas 4 (Buku
Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2017).
¡ Cerita
Terjemah : Literacy Cloud – Room to Read – Tanaman Kacang Merah
¡ Laptop, LCD Proyektor,
Internet, Power Point Aplication, dan HP.
¡ Buku Teks, bacaan, buku tulis, pulpen, kertas warna, benda dan lingkungan sekitar
H. TEKNIK DAN INSTRUMEN PENILAIAN
1. Teknik
penilaian
a. Sikap : Jurnal
b. Pengetahuan : Tes Tulis dan Penugasan
c. Keterampilan
: Portofolio
2. Instrumen
Penilaian
a. Penilaian
sikap : Rubrik penilaian sikap
b. Penilaian
pengetahuan : Rubrik penilaian pengetahuan
c. Penilaian
keterampilan : Rubrik penilaian
keterampilan
I. LAMPIRAN
¡ Lampiran 1 : Materi Pembelajaran
¡ Lampiran 2 : Lembar Kerja Peserta didik (LKPD)
¡ Lampiran 3 : Soal Evaluasi
¡ Lampiran 4 : Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran
¡ Lampiran 5 : Intrumen Penilaian
|
Mengetahui, Kepala SDN SUKUN 3 SRI MURSINAH, S.Pd, M.Pd NIP. 19681112
199304 2 001 |
|
Malang, 14 September 2021
Guru Kelas IV-A MAR’ATUL FITRIAYU AZIZAH, S.Pd NIP.
- |
LAMPIRAN 1
MATERI PEMBELAJARAN
.................................................................................................................................................
Bahasa indonesia
PPKN
LAMPIRAN 2
LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK
(LKPD)
.................................................................................................................................................
NAMA Peserta didik :
NOMOR PRESENSI :
“Tuliskan
3 kewajiban kita terhadap tanaman
pada lembar berwarna hijau !”
1.
2.
3.
“Tuliskan
3 hak kita terhadap tanaman
pada lembar berwarna hijau !”
1.
2.
3.
Buatlah
6 pertanyaan dengan tema “Hewan dan tumbuhan yang ada di lingkunganku”
menggunakan 5W+1H !
1.
2.
3.
4.
5.
6.
LAMPIRAN 3
SOAL EVALUASI
..................................................................................................................................................
NAMA PESERTA DIDIK :
NOMOR PRESENSI :
a. isian
1. Kita
harus melaksanakan hak dan kewajiban secara
....
2. Melaksanakan
kewajiban harus dijalankan sesuai dengan ....
3. Kalimat tanya yang baik adalah
kalimat yang memiliki kalimat tanya dengan rumus ....
4. Salah satu contoh
kalimat tanya adalah ....
b. URAIAN
5. Contoh
melaksanakan kewajiban terhadap tanaman adalah ....
6. “Tanaman Tia
Lemas karena terlalu banyak disiram air.”
Kalimat
tanya yang tepat untuk menanyakan jawaban diatas adalah ....
7. “Arin membeli tanaman
di toko bunga.”
Kalimat tanya yang tepat untuk
menanyakan jawaban diatas adalah ....
LAMPIRAN 4
KUNCI JAWABAN &
PEDOMAN PENSKORAN
.................................................................................................................................................
KUNCI JAWABAN
a. isian
1. Seimbang
2. Peraturan /
tatacara
3. 5W+1H
4. (sesuai jawaban siswa, menggunakan
kata tanya sesuai 5W+1H)
b. URAIAN
5. (sesuai jawaban siswa, tentang
kewajiban terhadap tanaman)
6. Mengapa tanaman Tia lemas ?
7. Dimana Arin membeli bunga ?
PEDOMAN PENSKORAN
A. ISIAN
Jawaban benar bernilai
10 dan jawaban salah bernilai 0
(contoh : 4 x 10 = 40)
B. URAIAN
Jawaban benar bernilai 20 dan jawaban salah menyesuaikan antara 1 s.d 15
(contoh : 3 x 20 = 60)
Skor akhir : Jumlah skor pilihan ganda + Jumlah
skor uraian
Contoh
: 40 + 60 = 100
LAMPIRAN 5
INSTRUMEN
PENILAIAN
.................................................................................................................................................
Penilaian Pengetahuan (KI-3)
|
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
|
PPKn |
3.2.10 Menjelaskan pentingnya melaksanakan hak dan kewajiban secara seimbang
ketika memanfaatkan tumbuhan |
Tes tertulis |
Soal isian Soal uraian |
|
Bahasa Indonesia |
3.3.3 Mengidentifikasi ciri-
ciri pertanyaan yang baik menggunakan 5W+1H |
Tes tertulis |
Soal isian Soal uraian |
Penilaian Keterampilan (KI-4)
|
Muatan |
Indikator |
Teknik Penilaian |
Bentuk Instrumen |
|
PPKn |
4.2.10 Membuat rencana
melaksanakan kewajiban terhadap tumbuhan yang dirawat |
Penugasan Portofolio |
Rubrik
penilaian. |
|
Bahasa Indonesia |
4.3 Melaporkan hasil
wawancara menggunakan kosakata baku dan kalimat efektif dalam bentuk teks
tulis |
Penugasan Portofolio |
Rubrik
penilaian. |
1. Bentuk Instrumen Penilaian
a. Jurnal
Penilaian Sikap
|
No. |
Tanggal |
Nama Peserta didik |
Catatan Perilaku |
Butir Sikap |
Tindak Lanjut |
|
1. |
|
|
|
|
|
|
2. |
|
|
|
|
|
|
3. |
|
|
|
|
|
|
4. |
|
|
|
|
|
|
5. |
|
|
|
|
|
|
6. |
|
|
|
|
|
|
7. |
|
|
|
|
|
|
8. |
|
|
|
|
|
|
9. |
|
|
|
|
|
|
10. |
|
|
|
|
|
|
11. |
|
|
|
|
|
|
12. |
|
|
|
|
|
|
13. |
|
|
|
|
|
|
14. |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
b. Penilaian Pengetahuan
Penilian pengetahuan dibuat berdasarkan
evaluasi pembelajaran sesuai pada lampiran 3 dengan pedoman penskoran pada
lampiran 4.
c. Pengetahuan keterampilan
1.
Rubrik
Penilaian PPKn
Tugas siswa membuat
daftar rencana merawat tanaman
|
Kriteria |
Sangat
Baik (A) |
Baik (B) |
Cukup (C) |
Perlu Pendampingan
(D) |
|
Skala
Likert |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Rentang
Nilai |
93 - 100 |
84-92 |
75 - 83 |
< 75 |
|
Sikap baik |
Menuliskan 3 sikap baik yang sudah dilakukan |
Menuliskan 2 sikap baik yang sudah dilakukan |
Menuliskan 1 sikap baik yang sudah dilakukan |
Belum mampu menuliskan sikap baik yang sudah
dilakukan |
|
Dampak sikap baik |
Menjelaskan 3 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan 2 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Menjelaskan 1 dampak dari sikap baik
tersebut bagi lingkungan |
Belum mampu menuliskan dampak dari sikap
tersebut bagi lingkungan |
|
Rencana tindak lanjut |
Menuliskan 3 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan 2 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Menuliskan 1 rencana tindak lanjut untuk
lebih bijak terhadap tumbuhan |
Belum mampu menuliskan rencana tindak lanjut |
Penilaian (penskoran):
2.
Rubrik
Penilaian Bahasa Indonesia
Tugas siswa membuat daftar pertanyaan yang baik dinilai menggunakan rubrik.
|
Kriteria |
Sangat
Baik (A) |
Baik (B) |
Cukup (C) |
Perlu Pendampingan
(D) |
|
Skala Likert |
4 |
3 |
2 |
1 |
|
Rentang
Nilai |
93 - 100 |
84-92 |
75 - 83 |
< 75 |
|
Daftar pertanyaan |
Semua pertanyaan tepat. |
Sebagian besar pertanyaan tepat. |
Hanya sebagian kecil pertanyaan tepat. |
Belum mampu membuat pertanyaan dengan tepat. |
|
Kosa kata baku |
Menggunakan kosa kata baku dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian
besar pertanyaan |
Menggunakan kosa kata baku dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kosa kata baku dalam
pertanyaan. |
|
Kalimat efektif |
Menggunakan kalimat efektif dalam semua
pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian
besar pertanyaan. |
Menggunakan kalimat efektif dalam sebagian
kecil pertanyaan. |
Belum mampu menggunakan kalimat efektif
dalam semua pertanyaan. |
|
Sikap mandiri |
Tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Sebagian besar tugas diselesaikan dengan mandiri. |
Tugas diselesaikan dengan motivasi dan
bimbingan guru. |
Belum dapat menyeselesaikan tugas meski telah diberikan motivasi dan bimbingan. |
Penilaian
(penskoran):
Refleksi Guru :
No comments:
Post a Comment